The BLuez

Dasar Pemograman Java

I Sekilas Tentang Java

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang populer dikalangan para akademisi dan praktisi komputer. Java dikembangkan pertama kali oleh James Gosling dari Sun Microsystems pada tahun 1990-an. Java pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah bahasa komputer yang ditulis satu kali dan dapat dijalankan dibanyak sistem komputer berbeda tanpa perubahan kode berarti. Kebanyakan bahasa komputer yang ada memiliki keterbatasan migrasi sistem yang berbeda. Java diciptakan sebagai sebuah bahasa baru dengan implementasi yang berbeda. Bahasa Java merupakan bahasa berorientasi objek yang diturunkan dari C++ dengan banyak penyempurnaan. Pada umumnya, para pakar pemrograman berpendapat bahwa bahasa Java memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman untuk digunakan. Kini universitas-universitas di berbagai negara berpaling dari Pascal atau C++ kemudian memilih Java sebagai bahasa untuk belajar pemrograman.

II. Keunggulan Java

Java sebagai bahasa pemrograman yang banyak disukai orang karena konsep pemrogramannya yang konsisten dengan teori orientasi objek serta aman untuk di gunakan, maka Java memiliki beberapa keunggulan :

• Sederhana
• Berorientasi Objek
• Terdistribusi
• Aman
• Netral Arsitektur
• Portable
• Interpreter
• Powerfull
• Multithreading
• Dinamis

III. Komponen Java

• JVM (Java Virtual Machine)

Java dapat berjalan pada sebuah sistem operasi membutuhkan Java Virtual Machine (JVM). JVM sendiri terdiri dari Java Runtime Environment (JRE) dan Java Development Kit (JDK). Sun Microsystems mengeluarkan tiga kelas paket Java, yaitu J2-SE JRE (hanya berisi JRE), J2- SE SDK (berisi JDK + JRE), dan J2-EE SDK (berisi JDK+JRE dan tools untuk aplikasi enterprise). Untuk versi SE (Standard Edition) tersedia gratis pada situs www.java.com.

• IDE (Integrated Development Environment)

IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah editor pemrograman sebuah bahasa. Untuk Java sendiri ada banyak IDE yang tersedia dipasaran baik yang bersifat gratis (freeware) ataupun yang berbayar. Beberapa IDE yang populer antara lain, JCreator (www.jcreator.com), Netbeans (www.netbeans.org), JBuilder (www.borland.com/jbuilder), dan lain-lain.

• Class

Unit yang paling mendasar dalam pemrograman java adalah class. Class adalah komponen aplikasi yang menangani kode dan data dalam pemrograman java.

IV. Dasar Penulisan Kode (Syntax) Java

• Tipe Data

Tipe data bisa dikatakan kelompok ukuran memori yang akan kita gunakan untuk menyimpan informasi kode program dalam pemrograman.

Contoh : Berikut adalah beberapa contoh pendefinisian tipe data

Contoh Pendefinisian Tipe Data

Contoh Pendefinisian Tipe Data (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Catatan:

Pada penulisan kode program di java selalu diakhiri dengan tanda baca ‘;’.

Gambar 1.

Gambar 1.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

• Struktur penulisan kode Java

Gambar 2.

Gambar 2.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

• Operator Aritmatik (+, -, /, *)

Operator aritmatik adalah perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan proses-proses dengan metode matematika seperti penjumlahan, pengurangan, dsb .

Gambar 3.

Gambar 3.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

• Operator Logika

Tabel Operator Logika

Tabel Operator Logika
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Catatan:

  • Pada penulisan kode program di java jika ingin menampilkan hasil darisuatu proses, menggunakan perintah :
    • System.out.println(Hasil Proses);
  • Hasil proses bisa saja berupa Pernyataan ataupun Variabel.
    • Contoh :
      • System.out.println(“Nilai Anda Adalah = “+Nilai);
      • System.out.println(Nilai);
  • Dalam hal ini Nilai adalah sebuah Variabel, pada Java jika kita ingin menghubungkan output String dengan Variabel maka dihubungkan dengan ‘+’

• Operator Kondisi (if..else, case,)

Operator kondisi dan Operator logika digunakan pada proses menentukan pilihan dalam kondisi tertentu.

Contoh Kondisi (if …else) :

Gambar 4.

Gambar 4.
(Klik Gambar Utuk Memeperbesar)

Contoh Kondisi (Case/Switch) :

Gambar 5.

Gambar 5.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

• Operator Perulangan (For, While, Do..While)

Operator perulangan digunakan untuk memproses nilai atau variabel dalam satu blok perintah secara berulang-ulang ataupun kontinyu, tergantung pada kondisi yang ditentukan.

Contoh ‘For’ :

Gambar 6.

Gambar 6.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Contoh ‘While’ :

Gambar 7.

Gambar 7.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Contoh ‘Do..While’ :

Gambar 8.

Gambar 8.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

V. Contoh Aplikasi

Dalam contoh aplikasi berikut ini akan membahas cara membuat sebuah aplikasi.program array pada java yang terdiri dari tiga buah class menggunakan JCreator 3.0 LE. Class-classs tersebut antara lain, satu class utama (main class) yang berisi logika pemrograman array dan dua class lainnya yang berisikan logika validasi input data yang bertujuan untuk mengelompokkan tipe data String dan Integer, lihat Gambar 1. Dengan contoh aplikasi ini anda dapat membuat dan memahami logika pemrograman array dengan java, serta memahami penggunaan Operator Kondisi dan Operator Perulangan pada pemrograman Java.

Gambar 9. Program Array

Gambar 9. Program Array
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

A. Menyiapkan Program.

1. Sebelum membuat aplikasi Java jangan lupa untuk menginstall JRE dan JDK agar Java bisa dijalankan pada sistem operasi anda. Dalam pembahasan ini kita akan menggunakan JRE dan JDK versi 1.6.0 yang bisa anda download di http://www.java..com.

2. Buka Program JCreator anda klik Tombol Start pada Windows Taskbar. Kemudian klik Programs | JCreatorV3 LE | JCreator LE, lihat Gambar 11.

Gambar 10.

Gambar 10.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

3. Kemudian kita akan membuat main Class dengan nama ‘Array’ klik Menu File | New | File seperti Gambar 11.

Gambar 11.

Gambar 11.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

4. Setelah itu akan muncul kotak dialog File Wizard, lalu pilih Java File kemudian klik Tombol “Next”. Lihat Gambar 12.

Gambar 12.

Gambar 12.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

5. Beri nama file dengan nama : Array, kemudian klik Tombol “Browser” untuk menentukan lokasi tempat anda menyimpan file. Lihat Gambar 13.

Gambar 13.

Gambar 13.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

6. Untuk 2 Class berikutnya, cara membuat nya sama dengan cara diatas, lihat kembali Gambar 5. Kemudian di beri nama InputAngka dan InputHuruf. Jika sudah maka akan terlihat seperti Gambar 14.

Gambar 14.

Gambar 14.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

B. Listing Program.

1. Kemudian kita akan membuat kode program Class Input Angka, klik Tab Menu dengan Title Input Angka.

Gambar 15.

Gambar 15.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

2. Pada Jendela Kode ketikkan kode program berikut ini :

Gambar 16.

Gambar 16.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Keterangan :

  • Baris 1 merupakan fungsi Java API yang akan kita gunakan untuk mengakses informasi kode pada Class Array ketika fungsi pada Class InputAngka ini dipanggil dari Class Array.
  • Baris 2 mengenalkan Class InputAngka secara Public agar bisa dikenali oleh class-class yang lain.
  • Baris 3 mengenalkan prosedur (dalam Java dikenal dengan Method) BacaAngka secara Public agar bisa dipanggil dari Class Array.
  • Baris 4-26 mengecek nilai yang diinput ketika prosedur BacaAngka dipanggil, apakah nilai tersebut berupa angka atau huruf.
  • Baris 27 akhir dari blok kode prosedur BacaAngka.
  • Baris 28 akhir dari blok kode deklarasi Class InputAngka.

3. Kemudian klik Icon Compile pada Menu Toolbar agar program InputAngka.java dapat diproses menjadi InputAngka.class. Lihat Gambar 17.

Gambar 17.

Gambar 17.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

4. Kemudian kita akan membuat kode program Class Input Huruf, klik Tab Menu dengan Title Input Huruf seperti yang terlihat pada Gambar 18.

Gambar 18.

Gambar 18.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

5. Pada Jendela Kode ketikkan kode program berikut ini :

Gambar 19.

Gambar 19.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Keterangan :

  • Baris 1 merupakan fungsi Java API yang akan kita gunakan untuk mengakses informasi kode pada Class Array ketika fungsi pada Class InputHuruf ini dipanggil dari Class Array.
  • Baris 2 mengenalkan Class InputHuruf secara Public agar bisa dikenali oleh Class-Class yang lain.
  • Baris 3 mengenalkan prosedur (dalam Java dikenal dengan Method) BacaHuruf secara Public agar bisa dipanggil dari Class Array.
  • Baris 4-25 mengecek nilai yang diinput ketika prosedur BacaHurufdipanggil, apakah nilai tersebut berupa angka atau huruf.
  • Baris 26 akhir dari blok kode prosedur BacaHuruf.
  • Baris 27 akhir dari blok kode deklarasi Class InputHuruf.

6. Kemudian klik Icon Compile pada Menu Toolbar agar program InputHuruf.java dapat diproses menjadi InputHuruf.class. Lihat kembali Gambar 17.

7. Kemudian kita akan membuat kode program Class Array, klik Tab Menu dengan title Array seperti yang terlihat pada Gambar10.

Gambar 20.

Gambar 20.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

8. Pada Jendela Kode ketikkan kode program berikut ini :

Gambar 21.

Gambar 21.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Keterangan :

  • Baris 1mengenalkan Class Array secara Public.
  • Baris 2 prosedur Argument data String untuk menampilkan ouput dalam tipe String.
  • Baris 3 menampilkan Argument data String untuk menginput jumlah Array.
  • Baris 4 memanggil prosedur BacaAngka dari class InputAngka ketika jumlah Array diinput.
  • Baris 5-8 mendeklarasikan Variabel yang akan digunakan dalam proses Array.
  • Baris 9-23 menggunakan Operator Perulangan ‘While’ untuk memproses data Array. Pada Baris 12 kode memanggil prosedur BacaAngka dari class InputAngka. Pada Baris 14,16 kode memanggil prosedur BacaHuruf dari class InputHuruf.
  • Baris 24-26 membuat desain tampilan sendiri dengan ouput String, yang akan ditampilkan bersama output Array (Catatan : Baris kode ini tidak harus ditulis, hanya sekedar variasi saja).
  • Baris 27-32 menggunakan Operator Perulangan ‘While’ untuk menampilkan data Array secara Index. Pada Baris 31 sama seperti Baris 24-26.
  • Baris 33-36 akhir blok kode.

9. Kemudian klik Icon Compile pada Menu Toolbar agar program Array.java dapat diproses menjadi Array.class. Lihat kembali Gambar 17.

C. Menjalankan Program.

1. Untuk menjalankan program klik Icon Execute File pada Menu Toolbar lihat Gambar 11.

Gambar 22.

Gambar 22.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

2. Tampilan program akan terlihat seperti Gambar 12.

Gambar 23.

Gambar 23.
(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Silahkan Tinggalkan Balasan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s