The BLuez

Tipe Data dan Variabel

A. Tipe Data

Agar bahasa pemrograman yang kita gunakan bisa memproses data dengan benar maka kita harus terlebih dahulu menentukan termasuk ke dalam jenis apakah data tersebut. Secara umum tipe data terbagi atas empat kelompok:

a. Tipe Bilangan Bulat

Yang termasuk ke dalam tipe ini adalah semua data yang berbentuk bilangan bulat (tidak mengandung tanda koma), baik itu bilangan positif ataupun bilangan negatif. Pada Tabel 1, bisa dilihat apa saja tipe data yang tergolong tipe bilangan bulat.

Tipe Bilangan Bulat

Tabel 1. Tipe Bilangan Bulat (Klik Gambar Utuk Memperbesar)

b. Tipe Bilangan Pecahan

Yang termasuk ke dalam tipe ini adalah semua data yang berbentuk bilangan pecahan (mengandung tanda koma). Pada Tabel 2, bisa dilihat apa saja tipe data yang tergolong tipe bilangan pecahan.

Tipe Bilangan Pecahan

Tabel 2. Tipe Bilangan Pecahan (Klik Gambar Utuk Memperbesar)

c. Tipe Karakter dan String

Yang termasuk ke dalam tipe ini adalah semua data yang berupa satu buah karakter maupun gabungan dari karakter-karakter. Gabungan dari karakterkarakter inilah yang disebut dengan String.

d. Tipe Logika (Boolean)

Tipe data ini hanya memiliki dua buah nilai yaitu true (benar) dan false (salah).

B. Variabel

Variabel bisa diartikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang akan diproses oleh program. Data yang tersimpan pada variabel hanya bersifat sementara saja. Selama ada aliran listrik ke komputer atau program yang bersangkutan belum ditutup maka data akan tetap ada di dalam variabel. Untuk penamaan variabel sendiri ada aturan-aturan yang harus diperhatikan, sebagai berikut.

  1. Nama variabel tidak boleh diawali oleh angka, ataupun angka semua.
  2. Nama variabel tidak boleh menggunakan spasi.
  3. Nama variabel tidak boleh menggunakan simbol-simbol, seperti /, #, ?, dan lain-lain.
  4. Nama variabel tidak boleh menggunakan keyword atau kata kunci khusus yang telah digunakan / didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan.
  5. Nama variabel sebaiknya mudah diingat dan dipahami. Sebaiknya tidak terlalu panjang, akan tetapi jika nama yang panjang lebih baik daripada berusaha untuk menyingkatnya tapi justru susah untuk diingat dan dipahami, maka apa salahnya jika gunakan nama variabel yang panjang.

Silahkan Tinggalkan Balasan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s